Surau TV

Banner

Kenali Metabolisme Tubuh Anda, Ada Dua Tipe Metabolisme Tubuh Manusia

Image
Wednesday, 02 May 2018 | 15:33:18 WIB


Tahukah anda, cepat atau lambatnya proses metabolisme tubuh dapat mempengaruhi naik turunnya berad badan seseorang, kabarnya orang yang metabolisme tubuh yang lambat akan cepat gemuk dan begitu juga sebaliknya.

Metabolisme adalah proses kimia yang terjadi saat tubuh mengubah makanan menjadi energi. Keseluruhan proses kimia ini secara berkelanjutan menghasilkan dan membakar energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas, dari bernapas, berpikir, hingga berjalan kaki.

1. Perbanyak konsumsi protein
Tubuh mencerna protein melalui serangkaian proses yang menuntut energi lebih banyak. Ini berarti tubuh perlu membakar lebih banyak kalori untuk menghasilkan energi yang lebih banyak demi mencerna protein. Konsumsi makanan tinggi protein bisa Anda jadikan cara meningkatkan tingkat metabolisme tubuh, yang terbukti tiga kali lebih efektif dibandingkan karbohidrat dan lemak. Konsumsi protein saat Anda sedang diet juga bisa membantu Anda mengatasi lapar berlebih dan mencegah hilangnya massa otot yang merupakan efek samping dari diet yang Anda lakukan. Makanan yang mengandung protein di antaranya yaitu telur, daging, ikan, kacang almond, dan lain-lain.

2. Minum teh hijau Berkat kandungan senyawa aktif catechin, teh hijau terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 4-5 persen. Menurut sebuah penelitian, jika Anda meminum lima cangkir teh hijau setiap hari, Anda bisa meningkatkan pembakaran energi tubuh hingga 90 kalori per hari. Teh hijau membantu mengubah lemak yang tersimpan dalam tubuh menjadi asam lemak bebas, yang dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar 10-17 persen. Teh hijau juga rendah kalori, sehingga dipercaya baik untuk menurunkan berat badan dan perawatan berat badan. Namun demikian, efeknya terbilang kecil dan hanya mungkin berlaku untuk beberapa orang.

3. Makan makanan pedas Capsaicin, senyawa yang ditemukan dalam makanan pedas seperti cabai dan lada bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan mempertahankan berat badan yang sehat. Meskipun efeknya kecil, namun konsumsi makanan pedas bisa membakar 10 kalori lebih banyak dalam sekali makan.

4. Minum kopi Sebuah studi menemukan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme hingga 3-11%. Namun, manfaat ini lebih memengaruhi orang kurus. Sebuah studi berbeda menemukan bahwa kopi meningkatkan pembakaran lemak sebesar 29% untuk wanita kurus, dan hanya 10% untuk wanita gemuk. Meski begitu, Anda perlu membatasi konsumsi kafein, setidaknya 400 miligram atau empat cangkir kopi per hari. Khusus untuk ibu hamil, Anda disarankan untuk tidak lebih dari tiga cangkir perhari.

Sumber : -

Laporan : -

Editor : Red

loading...