Tips Cara Melancarkan Peredaran Darah, Dari Kebiasaan Berolahraga sampai Mengubah Cara Mandi

Image
Thursday, 03 May 2018 | 13:35:35 WIB


nusapos.com-meningkatkan peredaran darah dapat di lakukan dengan melakukan aktifitas fisik, yang pertama Berjalanlah secara teratur. Berjalan-jalan setelah makan dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan membantu sistem pencernaan Anda dalam melakukan tugasnya. Dianjurkan untuk berjalan paling sedikit 30 menit setiap hari.

Jika Anda menderita penyakit vaskular perifer seperti vena varikosa, pastikan untuk mengenakan pakaian pendukung seperti stoking atau perban kompresi. Dokter akan memberikan rekomendasi yang paling sesuai untuk Anda.

kedua, Berolahragalah kapan pun Anda bisa. Apa pun yang mendukung kebugaran akan meningkatkan sirkulasi darah Anda. Jika Anda berolahraga, cobalah hal berikut

Latihan kardiovaskular. Berenang, bersepeda, berlari, memainkan permainan olahraga, dll. Aktivitas aerobik akan meningkatkan fungsi jantung dan pembuluh darah.

Latihan kekuatan. Latihan kekuatan (angkat beban) akan membantu Anda membangun otot, yang pada akhirnya meningkatkan keefektifan sirkulasi kardiovaskular dan kelenjar getah bening.

Setiap jam, berdirilah dan cobalah melakukan peregangan atau olahraga kecil selama 3 sampai 5 menit. Hal ini sangat berguna jika Anda berada di meja kerja sepanjang hari dan hampir tidak mendapatkan kesempatan untuk berjalan-jalan. Cobalah melakukan gerakan lengan melingkar kecil, menyentuhkan tangan Anda pada jari kaki Anda, menendang kaki Anda ke depan, atau melakukan latihan jumping jack perlahan (cukup untuk meningkatkan detak jantung Anda).

KetigaLakukan pemijatan. Pijat, sama seperti olahraga, meningkatkan sirkulasi lokal dengan merangsang aliran darah pada jaringan halus. Banyak penelitian menunjukkan keefektifan pemijatan dalam merangsang penyembuhan. Baca artikel tentang cara berolahraga sambil duduk di meja kerja Anda. Ini akan membantu meningkatkan sirkulasi jika Anda tidak dapat menemukan waktu untuk melakukan olahraga yang layak.

Keempat,Tinggikan kaki Anda. Menaikkan kaki Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan sirkulasi dan bersantai di dalam waktu yang sama. Hal ini juga mengurangi kemungkinan terjadinya varises, yang disebabkan tekanan darah yang tinggi atau hanya berdiri dalam jangka waktu yang lama.

KelimaUbah suhu air saat mandi. Gunakan air panas dan air dingin secara bergantian. Teknik ini disebut contrast shower yang dapat membantu memperbaiki sirkulasi karena berpengaruh terhadap kontraksi dan dilatasi pembuluh darah. Air panas akan membuat pembuluh darah membuka dan meningkatkan sirkulasi, sementara air dingin akan menyempitkan pembuluh darah.  Jika Anda mandi seperti ini secara teratur, sistem sirkulasi darah Anda akan menjadi lebih lentur sehingga peredaran darah tubuh menjadi lebih lancar.

 

Sumber : -

Laporan : -

Editor : Red

loading...